RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH : SMA
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS/ SEMESTER : XI/2
TAHUN PELAJARAN : 2009
STANDAR KOMPETENSI : Menggunakan konsep persamaan dan fungsi kuadarat dalam pemecahan masalah
KOMPETENSI DASAR : menggunakan sifat dan aturan tentang persamaan kuadrat.
INDIKATOR :
10. menentukan akaar-akar persamaan kuadrat.
11. menggunakan diskriminan dalam menyelesaikan persamaan kuadarat.
12. menentukan jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat.
13. menyusun persamaan kuadarat yang akar-akarnya memenuhi syarat tertentu.
14. menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan kuadrat.
SEKOLAH : SMA
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS/ SEMESTER : XI/2
TAHUN PELAJARAN : 2009
STANDAR KOMPETENSI : Menggunakan konsep persamaan dan fungsi kuadarat dalam pemecahan masalah
KOMPETENSI DASAR : menggunakan sifat dan aturan tentang persamaan kuadrat.
INDIKATOR :
10. menentukan akaar-akar persamaan kuadrat.
11. menggunakan diskriminan dalam menyelesaikan persamaan kuadarat.
12. menentukan jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat.
13. menyusun persamaan kuadarat yang akar-akarnya memenuhi syarat tertentu.
14. menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan kuadrat.
ALOKASI WAKTU : 4 x 45 menit
M. TUJUAN PEMBELAJARAN:
1. siswa dapat menentukan akaar-akar persamaan kuadrat.
2. siswa dapat menggunakan diskriminan dalam menyelesaikan persamaan kuadarat.
3. siswa dapat menentukan jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat.
4. siswa dapat menyusun persamaan kuadarat yang akar-akarnya memenuhi syarat tertentu.
5. siswa daoat menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan kuadrat.
N. MATERI PEMBELAJARAN:
Persamaan kuadrat
O. METODE PEMBELAJARAN:
8. Diskusi
9. Tanya jawab
10. Inkuiri
11. Penugasan
P. LANGKAH LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama
7. Kegiatan Awal (15 menit)
Apersepsi : mengingatkan kembali konsep persamaan kuadrat waktu di SMP.
Motivasi : menyampaikan tujuan pembelajaran.
8. Kegiatan Inti (60 menit)
a. Guru menyampaikan indikator pembelajaran.
b. Guru membagi kelas menjdi beberapa kelompok dengan tiap kelompok maksimal 5 orang.
c. Guru membagikan LKS kepada tiap kelompok.
d. Siswa mengerjakan LKS secara berkelompok untuk menemukan rumus ABC, syarat diskriminan serta hasil kali akar-akar persamaan kuadrat..
e. Guru meminta salah satu kelompok menyampaikan hasil diskusi, sedang kelompok lain menaggapi.
f. Guru memberikan pengarahan.
9. Kegiatan Akhir (15 menit)
a. Siswa denngan bimbingan guru membuat kesimpulan hasil pembelajaran.
b. Siswa dan guru melakukan refleksi
c. Guru memberikan tugas.
Pertemuan kedua
1. Kegiatan Awal (15 menit)
Apersepsi : mengingatkan kembali materi kemarin.
Motivasi : menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti (60 menit)
d. Guru menyampaikan indikator pembelajaran.
e. Guru membagi kelas menjdi beberapa kelompok dengan tiap kelompok maksimal 5 orang.
f. Guru membagikan LKS kepada tiap kelompok.
g. Siswa mengerjakan LKS secara berkelompok untuk menemukan cara menyusun persamaan kuadarat baru sesuai dengan syarat tertentu.
h. Guru meminta salah satu kelompok menyampaikan hasil diskusi, sedang kelompok lain menaggapi.
i. Guru memberikan pengarahan.
3. Kegiatan Akhir (15 menit)
j. Siswa denngan bimbingan guru membuat kesimpulan hasil pembelajaran.
k. Siswa dan guru melakukan refleksi
l. Guru memberikan tugas.
Q. SUMBER PEMBELAJARAN
5. Buku pegangan siswa
6. Modul MGMP sekolah
7. LKS
R. PENILAIAN
4. Tehnik : Tes tertulis dan performan/keaktifan
5. Bentuk Instrumen : Tes uraian
3. Soal Instrumen
contoh soal :
1. tentukan akar-akar persamaan kuadarat berikut:
a. 3X^2-4X+1=0
b. X^2+5X+10=0
2. selidiki jenis akar-akar persamaan kuadrat berikut:
a. 2X^2+X+9=0
b. X^2+2X+3=0
3. susunlah persamaan kuadrat baru yang akar-akarnya 2 kurangnya dari akar-akar persamaan kuadrat 3X^2-4X+1=0.
Rubrik penilaian
penilaian
skor
Siswa aktif dan hasil kerja benar = 3
Siswa aktif tetapi hasil kerja salah = 2
Siswa pasif dan hasil kerja benar = 1
Siswa pasif dan hasil kerja salah = 0
Aikmel, 20 Juni 2009
Mengetahui,
Kepala SMA Guru Mata Pelajaran
Afivi,
NIP. NIP.
M. TUJUAN PEMBELAJARAN:
1. siswa dapat menentukan akaar-akar persamaan kuadrat.
2. siswa dapat menggunakan diskriminan dalam menyelesaikan persamaan kuadarat.
3. siswa dapat menentukan jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat.
4. siswa dapat menyusun persamaan kuadarat yang akar-akarnya memenuhi syarat tertentu.
5. siswa daoat menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan kuadrat.
N. MATERI PEMBELAJARAN:
Persamaan kuadrat
O. METODE PEMBELAJARAN:
8. Diskusi
9. Tanya jawab
10. Inkuiri
11. Penugasan
P. LANGKAH LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama
7. Kegiatan Awal (15 menit)
Apersepsi : mengingatkan kembali konsep persamaan kuadrat waktu di SMP.
Motivasi : menyampaikan tujuan pembelajaran.
8. Kegiatan Inti (60 menit)
a. Guru menyampaikan indikator pembelajaran.
b. Guru membagi kelas menjdi beberapa kelompok dengan tiap kelompok maksimal 5 orang.
c. Guru membagikan LKS kepada tiap kelompok.
d. Siswa mengerjakan LKS secara berkelompok untuk menemukan rumus ABC, syarat diskriminan serta hasil kali akar-akar persamaan kuadrat..
e. Guru meminta salah satu kelompok menyampaikan hasil diskusi, sedang kelompok lain menaggapi.
f. Guru memberikan pengarahan.
9. Kegiatan Akhir (15 menit)
a. Siswa denngan bimbingan guru membuat kesimpulan hasil pembelajaran.
b. Siswa dan guru melakukan refleksi
c. Guru memberikan tugas.
Pertemuan kedua
1. Kegiatan Awal (15 menit)
Apersepsi : mengingatkan kembali materi kemarin.
Motivasi : menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti (60 menit)
d. Guru menyampaikan indikator pembelajaran.
e. Guru membagi kelas menjdi beberapa kelompok dengan tiap kelompok maksimal 5 orang.
f. Guru membagikan LKS kepada tiap kelompok.
g. Siswa mengerjakan LKS secara berkelompok untuk menemukan cara menyusun persamaan kuadarat baru sesuai dengan syarat tertentu.
h. Guru meminta salah satu kelompok menyampaikan hasil diskusi, sedang kelompok lain menaggapi.
i. Guru memberikan pengarahan.
3. Kegiatan Akhir (15 menit)
j. Siswa denngan bimbingan guru membuat kesimpulan hasil pembelajaran.
k. Siswa dan guru melakukan refleksi
l. Guru memberikan tugas.
Q. SUMBER PEMBELAJARAN
5. Buku pegangan siswa
6. Modul MGMP sekolah
7. LKS
R. PENILAIAN
4. Tehnik : Tes tertulis dan performan/keaktifan
5. Bentuk Instrumen : Tes uraian
3. Soal Instrumen
contoh soal :
1. tentukan akar-akar persamaan kuadarat berikut:
a. 3X^2-4X+1=0
b. X^2+5X+10=0
2. selidiki jenis akar-akar persamaan kuadrat berikut:
a. 2X^2+X+9=0
b. X^2+2X+3=0
3. susunlah persamaan kuadrat baru yang akar-akarnya 2 kurangnya dari akar-akar persamaan kuadrat 3X^2-4X+1=0.
Rubrik penilaian
penilaian
skor
Siswa aktif dan hasil kerja benar = 3
Siswa aktif tetapi hasil kerja salah = 2
Siswa pasif dan hasil kerja benar = 1
Siswa pasif dan hasil kerja salah = 0
Aikmel, 20 Juni 2009
Mengetahui,
Kepala SMA Guru Mata Pelajaran
Afivi,
NIP. NIP.
Download file RPP BERDASARKAN TEORI BELAJAR.doc
Tidak ada komentar:
Posting Komentar