RPP Aritmatika Sosial | SMP Kelas VII Semester I

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VII/1
Pertemuan Ke- : 1
Alokasi Waktu : 2x45’
Standar Kompetensi : Menggunakan bentuk aljabar, persamaan, danpertidaksamaan linear satu variabel, dan perbandingan dalam pemecahan masalah

Kompeteosi Dasar : Menggunakan konsep aljabar dalam pemecahan masalah aritmatika sosial yang sederhana.
Indikator : 1. Menentukan besar untung dalam kegiatan perdagangan.
2. Menentukan besar rugi dalam kegiatan perdagangan.
3. Menentukan harga pembelian dan harga penjualan dalam kegiatan perdagangan
A. Tujuan Pembelajaran
1. Menentukan besar untung dalam kegiatan pgrdagangan.
2. Menentukan besar rugi dalam kegiatan perdagangan.
3. Menentukan harga pembelian dan harga penjualan dalam kegiatan perdagangan.

Alat Peraga Pemfaktoran a2-b2

ALAT PERAGA PEMFAKTORAN BENTUK

Manfaat:
Mempermudah peserta didik dalam memahami pemfaktoran bentuk a2-b2

A. Materi Prasyarat

1. Luas Daerah Pesegi Panjang
Persegi panjang adalah bangun datar dua dimensi yang dibentuk oleh dua pasang rusuk yang masing-masing sama panjang dan sejajar dengan pasangannya, dan memiliki empat buah sudut yang kesemuanya adalah sudut siku-siku. Rusuk terpanjang disebut sebagai panjang (p) dan rusuk terpendek disebut sebagai lebar (l).
Persegi panjang yang keempat rusuknya sama panjang disebut sebagai persegi
Luas daerah persegi panjang adalah
L = p x l

2. Luas Daerah Persegi
Persegi adalah bangun datar dua dimensi yang dibentuk oleh empat buah rusuk (a) yang sama panjang dan memiliki empat buah sudut yang kesemuanya adalah sudut siku-siku.
Luas daerah persegi adalah
L = a x a = a2