RPP Bilangan Bulat | SMP Kelas VII Semester I

Sekolah : -
Mata Pelajaran : Matematika.
Kelas / Semester : VII / 1
Standar Kompetensi : 1. Memahamisifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaan-
nya dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar : 1.1. Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan.
Indikator : 1.1.1 Memberikan contoh bilangan bulat.
1.1.2 Menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan.
Alokasi waktu : 2x40'
A. Tujuan penbelajaran.
1. Siswadapat memberikan minimal 5 bilangan bulat.
2. Siswa dapat menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan.
B. Materi pembelajaran
Bilangan bulat
Bilangan bulat adalah bilangan-bilangan yang terdiri atas bilangan bulat positif, nol dan bilangan bulat negatif, yaitu ..., -3, -2, -1, 0, 1, 2, 3...
Letak bilangan bulat dapat dinyatakan pada garis bilangan, seperti berikut:

Pada garis bilangan:
• Semakin ke kanan, nilai bilangan semakin besar,
• Semakin ke kiri, nilai bilangan semakin kecil.
Atau bilangan yang terletak di sebelah kiri selalu kurang dari bilangan yang terletak di sebelah kanannya.
Karena -3 di sebelah kiri -1, -3 kurang dari -1, dilambangkan dengan -3<-1. atau karena -1 di sebelah kanan -3, -1 lebih besar dari -3, dilambangkan -1>-3.

C. Metode pembelajaran.
Diskusi kelompok, Demonstrasi, dan Penugasan
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
• Menjelaskan maksud dan tujuan materi yang akan diajarkan yaitu tentang bilangan bulat.
• Mengaitkan materi yang akan dipelajari dengan pengetahuan awal dengan cara mengajukan pertanyaan tantang bilangan asli dan bilangan cacah, serta garis bilangan dengan pertanyaan sebagai berikut:
• Apa itu bilangan asli?
• Apa itu bilangan cacah?
• Apa itu garis bilangan?
• Dapatkah kalian meletakkan bilangan asli atau bilangan cacah pada garis bilangan?
Kegiatan inti
• Guru memberikan contoh bilangan bulat dengan cara menyajikan suhu dalam bentuk bilangan bulat positif, nol dan bilangan negatif.
• Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok yang berbeda dengan kelompok sebelumnya, dengan tiap kelompok terdiri atas 4 siswa.
• Bersama kelompok siswa mencari contoh bilangan bulat, dan menentukan letak bilangan tersebut pada garis bilangan.
• Salah satu kelompok ditunjuk berdasarkan pertimbangan guru untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka dan kelompok lain mengomentari.
• Guru memberikan penguatan terhadap hasil diskusi, serta memberikan kesempatan siswa untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas.
Penutup
• Dengen bimbingan guru, siswa diminta memberi kesimpulan tentang materi yang dipelajari.
• siswa secara individu diberikan pekerjaan rumah (PR) untuk mencari minimal 5 contoh bilangan bulat dan menentukan letaknya pada garis bilangan.
E. Media dan sumber belajar.
Buku Matematika Cerah SMP/MTs, Buku Penunjang, dan Penggaris.
F. Penilaian
Teknik penilaian : test.
Bentuk Instrumen : tertulis


Jakarta, semptember 2010

Guru Mata Pelajaran



Mengetahui,

Kepala sekolah

1 komentar: