Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas :
VII
Semester :
1
Standar
Kompetensi :Memahami dan menggunakan
perbandingan dalam
pemecahan masalah.
Alokasi Waktu : 2 × 40 menit
A.
Kompetensi Dasar
Menggunakan perbandingan untuk
pemecahan masalah.
B.
Indikator
- Mengenali faktor perbesaran dan faktor pengecilan pada gambar berskala, serta bagaimana cara menetapkan nilai-nilai tersebut.
- Menghitung faktor pembesaran dan pengecilan pada gambar berskala.
C.
Tujuan Pembelajaran
- Siswa mampu mengenali faktor perbesaran dan faktor pengecilan pada gambar berskala.
- Siswa mampu menghitung faktor pembesaran dan pengecilan pada gambar berskala.
D.
Sumber Belajar
-
Buku Matematika Contextual Teaching and Learning
SMP kelas VII
-
LKS Matematika Cerah kelas VII
E.
Metode Pembelajaran
Diskusi dan ceramah
F. Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan
Awal
1.
Guru
menjelaskan maksud dan tujuan materi yang akan dipelajari mengenai perbandingan
dan skala.
2.
Siswa
diberi motivasi jika menguasai materi ini akan dapat membantu siswa
menyelesaikan masalah sehari-hari.
Kegiatan Inti
1.
Dengan
gambar peraga misalkan foto berbagai ukuran, guru menunjukkan pada siswa
mengenai faktor perbesaran dan pengecilan pada gambar berskala.
2.
Siswa
dengan bimbingan guru berdiskusi berkelompok membahas faktor perbesaran dan
pengecilan pada gambar berskala, dan siswa diminta pendapatnya mengenai
pengertian hal tersebut.
3. Dengan
gambar pada LKS, secara berkelompok siswa diminta menghitung faktor perbesaran
dan pengecilan pada gambar berskala.
4. Setelah
waktu diskusi habis, siswa diminta untuk menuliskan hasil jawaban mereka di
papan tulis dan mempertanggung jawabkan hasil tersebut.
5. Guru
memberikan penguatan atas pekerjaan siswa.
Kegiatan Akhir
1.
Dengan bimbingan guru, siswa menyimpulkan hasil
pembelajaran tentang factor skala.
2.
Siswa diberikan pekerjaan rumah (PR) untuk mencari 5 permasalahan sehari-hari yang
terkait dengan perbandingan.
G. Penilaian
Penilaian proses
Siswa diminta untuk maju kedepan untuk
menuliskan hasil jawaban mereka di papan tulis, dan mempertanggungjawabkan
hasil jawaban tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar