Konversi Bilangan Bulat | Desimal Ke Bulat

1. KONVERSI BILANGAN BULAT KE BINER
konversi bilangan bulat ke biner dilakukan dengan cara membagi bilangan tersebut dengan 2 sampai hasil baginya adalah nol. Sisa setiap pembagian merupakan bit dari binernya. hasilnya ditulis dari sisa pembagian terakhir.

Contoh:
konversi 37des ke biner
jawab:
37:2=18 sisa 1
18:2=9 sisa 0
9:2 =4 sisa 1
4:2 =2 sisa 0
2:2 =1 sisa 0
1:2 =0 sisa 1
dari pembagian berulang tersebut kita peroleh sisa-sisanya 100101 sehingga knversi 37des ke biner adalah 100101bin
atau 37des = 100101bin

RPP Berdasarkan Teori Belajar Kognitif

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SEKOLAH : SMA

MATA PELAJARAN : MATEMATIKA

KELAS/ SEMESTER : XI/2

TAHUN PELAJARAN : 2009

STANDAR KOMPETENSI : menurunkan rumus sinus dan kosinus dan penggunaannya.

KOMPETENSI DASAR : menggunakan rumus sinus dan kosinus jumlah dua sudut, selisih dua sudut, dan sudut ganda untuk menghitung sinus dan kosinus sudut tertentu.

INDIKATOR :

4. menggunakan rumus sinus jumlah dan selisih sudut.

5. menggunakan rumus kosinus jumlah dan selisih sudut.

6. menggunakan rumus tangen jumlah dan selisih sudut.

7. menyatakan perkalian sinus dan kosinus dalam jumlah atau selisih sinus kosinus.

8. menggunakan rumus sinus kosinus dan tangen sudut ganda.

9. menggunakan rumus sinus trigonometri jumlah dan selisih sudut dalam pemecahan masalah.

ALOKASI WAKTU : 4 x 45 menit

G. TUJUAN PEMBELAJARAN:

1. siswa dapat menggunakan rumus sinus jumlah dan selisih sudut.

2. siswa dapat menggunakan rumus kosinus jumlah dan selisih sudut.

3. siswa dapat menggunakan rumus tangen jumlah dan selisih sudut.

4. siswa dapat menyatakan perkalian sinus dan kosinus dalam jumlah atau selisih sinus kosinus.

5. siswa dapat menggunakan rumus sinus kosinus dan tangen sudut ganda.

6. siswa dapat menggunakan rumus sinus trigonometri jumlah dan selisih sudut dalam pemecahan masalah.

H. MATERI PEMBELAJARAN:

Trigonometri

I. METODE PEMBELAJARAN:

4. Ceramah bervariasi

5. Tanya jawab

6. Diskusi

7. Penugasan

J. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Pertemuan pertama

4. Kegiatan Awal:

Apersepsi : mengingatkan kembali tentang konsep dasar trigonometri waktu kelas X SMA.

Motivasi : menyampaikan tujuan pembelajaran.

5. Kegiatan Inti

a. Guru menyampaikan indikator pembekajaran.

b. Guru membagi kelas menjdi beberapa kelompok dengan tiap kelompok maksimal 5 orang.

c. Menjelaskan gambaran umum materi.

d. Guru memberikan satu masalah yang sama kepada tiap kelompok yang berkaitan dengan konsep trigonometri yang telah dijelaskan untuk didiskusikan.

e. Guru meminta salah satu kelompok untuk menyampaikan hasil diskusi mereka, sedang kelompok lain menanggapi.

f. Guru memberikan pengarahan.

6. Kegiatan Akhir

a. Guru bersama siswa membuat kesimpulan terhadap materi pembelajaran.

b. Guru bersama siswa melakukan refleksi

c. Guru memberikan tugas.

Pertemuan kedua

1. Kegiatan Awal:

Apersepsi : mengingatkan kembali tentang materi kemarin.

Motivasi : menyampaikan tujuan pembelajaran.

2. Kegiatan Inti

d. Guru menyampaikan indikator pembekajaran.

e. Guru membagi kelas menjdi beberapa kelompok dengan tiap kelompok maksimal 5 orang.

f. Menjelaskan gambaran umum materi.

g. Guru meminta kepada tiap kelompok untuk menyatakan rumus perkalian sinus dan kosinus dalam jumlah atau selisih sinus atau kosinus.

h. Guru meminta salah satu kelompok untuk menyampaikan hasil diskusi mereka, sedang kelompok lain menanggapi.

i. Guru memberikan pengarahan.

3. Kegiatan Akhir

j. Guru bersama siswa membuat kesimpulan terhadap materi pembelajaran.

k. Guru bersama siswa melakukan refleksi

l. Guru memberikan tugas.

K. SUMBER PEMBELAJARAN

3. Buku pegangan siswa
4. Modul MGMP sekolah

L. PENILAIAN

1. Tehnik : Tes tertulis dan performan
2. Bentuk Instrumen : Tes uraian
3. Soal Instrumen

a Tentukan nilai cos (a+b) dan cos (a-b) jika diketahui a dan b adalah sudut-sudut di kuadran I dengan nilai perbandingan trigonometri sin a = dan sin b = !

b Tentukan nilai sin (a+b) dan sin (a-b) jika diketahui a dan b adalah sudut-sudut lancip dengan nilai perbandingan trigonometri cos a = dan cos b = !

c Nyatakan perkalian 2 cos (x+450) sin (x-450) sebagai bentuk penjumlahan atau pengurangan sinus dan kemudian sederhanakan!

d A, B, C adalah sudut-sudut pada sutu segitiga. Jika (A-B) = 300 dan sin C =. Tentukan nialai sin A. cos B!

Aikmel, 20 Juni 2009

Mengetahui,

Kepala SMA Guru Mata Pelajaran

Afivi, Sp.D

NIP. NIP.

Download file RPP BERDASARKAN TEORI BELAJAR.doc

RPP RPP Berdasarkan Teori Belajar Kontruktivistik

-->
-->
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SEKOLAH : SMA

MATA PELAJARAN : MATEMATIKA

KELAS/ SEMESTER : XI/2

TAHUN PELAJARAN : 2009

STANDAR KOMPETENSI : Menggunakan konsep persamaan dan fungsi kuadarat dalam pemecahan masalah

KOMPETENSI DASAR : menggunakan sifat dan aturan tentang persamaan kuadrat.

INDIKATOR :

10. menentukan akaar-akar persamaan kuadrat.

11. menggunakan diskriminan dalam menyelesaikan persamaan kuadarat.

12. menentukan jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat.

13. menyusun persamaan kuadarat yang akar-akarnya memenuhi syarat tertentu.

14. menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan kuadrat.
ALOKASI WAKTU : 4 x 45 menit

M. TUJUAN PEMBELAJARAN:

1. siswa dapat menentukan akaar-akar persamaan kuadrat.
2. siswa dapat menggunakan diskriminan dalam menyelesaikan persamaan kuadarat.
3. siswa dapat menentukan jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat.
4. siswa dapat menyusun persamaan kuadarat yang akar-akarnya memenuhi syarat tertentu.
5. siswa daoat menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan kuadrat.

N. MATERI PEMBELAJARAN:

Persamaan kuadrat

O. METODE PEMBELAJARAN:

8. Diskusi

9. Tanya jawab

10. Inkuiri

11. Penugasan

P. LANGKAH LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pertemuan Pertama

7. Kegiatan Awal (15 menit)

Apersepsi : mengingatkan kembali konsep persamaan kuadrat waktu di SMP.

Motivasi : menyampaikan tujuan pembelajaran.

8. Kegiatan Inti (60 menit)

a. Guru menyampaikan indikator pembelajaran.

b. Guru membagi kelas menjdi beberapa kelompok dengan tiap kelompok maksimal 5 orang.

c. Guru membagikan LKS kepada tiap kelompok.

d. Siswa mengerjakan LKS secara berkelompok untuk menemukan rumus ABC, syarat diskriminan serta hasil kali akar-akar persamaan kuadrat..

e. Guru meminta salah satu kelompok menyampaikan hasil diskusi, sedang kelompok lain menaggapi.

f. Guru memberikan pengarahan.

9. Kegiatan Akhir (15 menit)

a. Siswa denngan bimbingan guru membuat kesimpulan hasil pembelajaran.

b. Siswa dan guru melakukan refleksi

c. Guru memberikan tugas.

Pertemuan kedua

1. Kegiatan Awal (15 menit)

Apersepsi : mengingatkan kembali materi kemarin.

Motivasi : menyampaikan tujuan pembelajaran.

2. Kegiatan Inti (60 menit)

d. Guru menyampaikan indikator pembelajaran.

e. Guru membagi kelas menjdi beberapa kelompok dengan tiap kelompok maksimal 5 orang.

f. Guru membagikan LKS kepada tiap kelompok.

g. Siswa mengerjakan LKS secara berkelompok untuk menemukan cara menyusun persamaan kuadarat baru sesuai dengan syarat tertentu.

h. Guru meminta salah satu kelompok menyampaikan hasil diskusi, sedang kelompok lain menaggapi.

i. Guru memberikan pengarahan.

3. Kegiatan Akhir (15 menit)

j. Siswa denngan bimbingan guru membuat kesimpulan hasil pembelajaran.

k. Siswa dan guru melakukan refleksi

l. Guru memberikan tugas.

Q. SUMBER PEMBELAJARAN

5. Buku pegangan siswa
6. Modul MGMP sekolah
7. LKS

R. PENILAIAN

4. Tehnik : Tes tertulis dan performan/keaktifan
5. Bentuk Instrumen : Tes uraian

3. Soal Instrumen

contoh soal :


1. tentukan akar-akar persamaan kuadarat berikut:

a. 3X^2-4X+1=0

b. X^2+5X+10=0

2. selidiki jenis akar-akar persamaan kuadrat berikut:

a. 2X^2+X+9=0

b. X^2+2X+3=0

3. susunlah persamaan kuadrat baru yang akar-akarnya 2 kurangnya dari akar-akar persamaan kuadrat 3X^2-4X+1=0.

Rubrik penilaian

penilaian


skor

Siswa aktif dan hasil kerja benar = 3
Siswa aktif tetapi hasil kerja salah = 2
Siswa pasif dan hasil kerja benar = 1
Siswa pasif dan hasil kerja salah = 0

Aikmel, 20 Juni 2009

Mengetahui,

Kepala SMA Guru Mata Pelajaran

Afivi,

NIP. NIP.