STANDAR KOMPETENSI : menurunkan rumus sinus dan kosinus dan penggunaannya.
KOMPETENSI DASAR : menggunakan rumus sinus dan kosinus jumlah dua sudut, selisih dua sudut, dan sudut ganda untuk menghitung sinus dan kosinus sudut tertentu.
4. menggunakan rumus sinus jumlah dan selisih sudut.
5. menggunakan rumus kosinus jumlah dan selisih sudut.
6. menggunakan rumus tangen jumlah dan selisih sudut.
7. menyatakan perkalian sinus dan kosinus dalam jumlah atau selisih sinus kosinus.
8. menggunakan rumus sinus kosinus dan tangen sudut ganda.
9. menggunakan rumus sinus trigonometri jumlah dan selisih sudut dalam pemecahan masalah.
ALOKASI WAKTU : 4 x 45 menit
G. TUJUAN PEMBELAJARAN:
1. siswa dapat menggunakan rumus sinus jumlah dan selisih sudut.
2. siswa dapat menggunakan rumus kosinus jumlah dan selisih sudut.
3. siswa dapat menggunakan rumus tangen jumlah dan selisih sudut.
4. siswa dapat menyatakan perkalian sinus dan kosinus dalam jumlah atau selisih sinus kosinus.
5. siswa dapat menggunakan rumus sinus kosinus dan tangen sudut ganda.
6. siswa dapat menggunakan rumus sinus trigonometri jumlah dan selisih sudut dalam pemecahan masalah.
H. MATERI PEMBELAJARAN:
Trigonometri
I. METODE PEMBELAJARAN:
4. Ceramah bervariasi
5. Tanya jawab
6. Diskusi
7. Penugasan
J. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan pertama
4. Kegiatan Awal:
Apersepsi : mengingatkan kembali tentang konsep dasar trigonometri waktu kelas X SMA.
Motivasi : menyampaikan tujuan pembelajaran.
5. Kegiatan Inti
a. Guru menyampaikan indikator pembekajaran.
b. Guru membagi kelas menjdi beberapa kelompok dengan tiap kelompok maksimal 5 orang.
c. Menjelaskan gambaran umum materi.
d. Guru memberikan satu masalah yang sama kepada tiap kelompok yang berkaitan dengan konsep trigonometri yang telah dijelaskan untuk didiskusikan.
e. Guru meminta salah satu kelompok untuk menyampaikan hasil diskusi mereka, sedang kelompok lain menanggapi.
f. Guru memberikan pengarahan.
6. Kegiatan Akhir
a. Guru bersama siswa membuat kesimpulan terhadap materi pembelajaran.
b. Guru bersama siswa melakukan refleksi
c. Guru memberikan tugas.
Pertemuan kedua
1. Kegiatan Awal:
Apersepsi : mengingatkan kembali tentang materi kemarin.
Motivasi : menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
d. Guru menyampaikan indikator pembekajaran.
e. Guru membagi kelas menjdi beberapa kelompok dengan tiap kelompok maksimal 5 orang.
f. Menjelaskan gambaran umum materi.
g. Guru meminta kepada tiap kelompok untuk menyatakan rumus perkalian sinus dan kosinus dalam jumlah atau selisih sinus atau kosinus.
h. Guru meminta salah satu kelompok untuk menyampaikan hasil diskusi mereka, sedang kelompok lain menanggapi.
i. Guru memberikan pengarahan.
3. Kegiatan Akhir
j. Guru bersama siswa membuat kesimpulan terhadap materi pembelajaran.
k. Guru bersama siswa melakukan refleksi
l. Guru memberikan tugas.
K. SUMBER PEMBELAJARAN
3. Buku pegangan siswa
4. Modul MGMP sekolah
L. PENILAIAN
1. Tehnik : Tes tertulis dan performan
2. Bentuk Instrumen : Tes uraian
3. Soal Instrumen
a Tentukan nilai cos (a+b) dan cos (a-b) jika diketahui a dan b adalah sudut-sudut di kuadran I dengan nilai perbandingan trigonometri sin a = dan sin b = !
b Tentukan nilai sin (a+b) dan sin (a-b) jika diketahui a dan b adalah sudut-sudut lancip dengan nilai perbandingan trigonometri cos a = dan cos b = !
c Nyatakan perkalian 2 cos (x+450) sin (x-450) sebagai bentuk penjumlahan atau pengurangan sinus dan kemudian sederhanakan!
d A, B, C adalah sudut-sudut pada sutu segitiga. Jika (A-B) = 300 dan sin C =. Tentukan nialai sin A. cos B!
Aikmel, 20 Juni 2009
Mengetahui,
Kepala SMA Guru Mata Pelajaran
Afivi, Sp.D
NIP. NIP.
Download file
RPP BERDASARKAN TEORI BELAJAR.doc