Sekolah : -
Mata Pelajaran : Matematika.
Kelas / Semester : VII / 1
Standar Kompetensi : 1. Memahamisifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaan-
nya dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar : 1.1. Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan.
Indikator : 1.1.1 Memberikan contoh bilangan bulat.
1.1.2 Menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan.
Alokasi waktu : 2x40'
A. Tujuan penbelajaran.
1. Siswadapat memberikan minimal 5 bilangan bulat.
2. Siswa dapat menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan.
B. Materi pembelajaran
Bilangan bulat
Bilangan bulat adalah bilangan-bilangan yang terdiri atas bilangan bulat positif, nol dan bilangan bulat negatif, yaitu ..., -3, -2, -1, 0, 1, 2, 3...
Letak bilangan bulat dapat dinyatakan pada garis bilangan, seperti berikut:
Pada garis bilangan:
• Semakin ke kanan, nilai bilangan semakin besar,
• Semakin ke kiri, nilai bilangan semakin kecil.
Atau bilangan yang terletak di sebelah kiri selalu kurang dari bilangan yang terletak di sebelah kanannya.
Karena -3 di sebelah kiri -1, -3 kurang dari -1, dilambangkan dengan -3<-1. atau karena -1 di sebelah kanan -3, -1 lebih besar dari -3, dilambangkan -1>-3.
Mata Pelajaran : Matematika.
Kelas / Semester : VII / 1
Standar Kompetensi : 1. Memahamisifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaan-
nya dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar : 1.1. Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan.
Indikator : 1.1.1 Memberikan contoh bilangan bulat.
1.1.2 Menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan.
Alokasi waktu : 2x40'
A. Tujuan penbelajaran.
1. Siswadapat memberikan minimal 5 bilangan bulat.
2. Siswa dapat menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan.
B. Materi pembelajaran
Bilangan bulat
Bilangan bulat adalah bilangan-bilangan yang terdiri atas bilangan bulat positif, nol dan bilangan bulat negatif, yaitu ..., -3, -2, -1, 0, 1, 2, 3...
Letak bilangan bulat dapat dinyatakan pada garis bilangan, seperti berikut:
Pada garis bilangan:
• Semakin ke kanan, nilai bilangan semakin besar,
• Semakin ke kiri, nilai bilangan semakin kecil.
Atau bilangan yang terletak di sebelah kiri selalu kurang dari bilangan yang terletak di sebelah kanannya.
Karena -3 di sebelah kiri -1, -3 kurang dari -1, dilambangkan dengan -3<-1. atau karena -1 di sebelah kanan -3, -1 lebih besar dari -3, dilambangkan -1>-3.