Home » » Pengertian Membaca Dan Jenis-Jenisnya

Pengertian Membaca Dan Jenis-Jenisnya

afivi amin |
PENGERTIAN MEMBACA
  • Membaca adalah kegiatan merespon lambang-lambang cetak atau lambang-lambang tulis dengan pengertian yang tepat (Harjasujana & Maryati).
  • Membaca adalah suatu kegiatan berbaha untuk memahami lambang-lambang bunyi bahasa yang tertulis baik bersuaar ataupun tidak dalam memahami informasi-informasi yang disajikan (Herususanto).
  • Membaca adalah proses psikologis, proses sensorik, proses perseptual, dan proses perkembangan (Harras dan Sulistianingsih).
    • Proses psikologis : kesiapan membaca sangat dipengaruhi oleh proses-proses psikis sepertimotivasi, minat, dan latar belakang sosial ekonomi.
    • Proses sensorik : membaca dimulai dari melihat dengan indra penglihatan.
    • Proses perseptual : dalam membaca persepsi dimulai dari melihat dan mendengar.
    • Proses perkembangan : membaca merupakan proses perkembangan disepanjang hidup seseorang


TUJUAN MEMBACA
  1. mendapatkan informasi faktual.
  2. memperoleh keterangan tentang sesuatu yang khusus.
  3. memberikan penilaian tentang karya sastra.
  4. memperoleh kenikmatan emosi.
  5. mengisi waktu luang (NURHADI).
JENIS MEMBACA

1. MEMBACA NYARING

Membaca nyaring adalah proses melisankan sebuah tulisan dengan memperhatikan suara, intonasi, dan tekanan secara tepat, yang diikuti oleh pemahaman makna bacaan oleh pembaca (Kamidjan).

KETRAMPILAN DALAM MEMBACA NYARING;
  • Penggunaan ucapan yang tepat.
  • Pemenggalan frase yang tepat.
  • Penggunaan intonasi, nada, dan tekanan yang tepat.
  • Penggunaan tanda baca dengan baik.
  • Penggunaan suara yang jelas.
  • Penggunaan ekspresi yang tepat.
  • Pengaturan kecepatan membaca.
  • Pengaturan ketepatan pernapasan.
  • Pemahaman bacaan.
  • Pemilikan rasa percaya diri.
2. MEMBACA DALAM HATI (Membaca Ekstensif dan Membaca Intensif)

MEMBACA EKSTENSIF

Membaca ekstensif adalah proses membaca yang dilakukan dalam waktu yang singkat dan dengan bahan bacaan yang beranekaragam.

TUJUAN MEMBACA EKSTENSIF

Memahami isi yang penting dalam buku.
Menurut BROUGTON ada 3 macam membaca :
1. Membaca survei
Kegiatam membaca yang bertujuan untuk mengetahui gambaran umum isi dan ruang lingkup bahan bacaan, membaca survei merupakan kegiatan membaca misalnya melihat judul, pengarang, daftar isi dll.
2. Membaca sekilas
Kegiatan membaca yang menyebabkan mata kita bergerak cepat melihat dan memperhatikan bahan tertulis untuk mencari dan mendapatkan informasi secara cepat (skimming).
Skimming bertujuan :
  • Mengetahui topik bacaan
  • Mengetahui pendapat orang
  • Mendapat bagian penting tanpa membaca seluruhnya
  • Menyegarkan apa yang pernah dibaca.
3. Membaca dangkal
Kegiatan membaca untuk memperoleh pemahaman yang dangkal dari bahan bacaan yang kita baca. Bahan bacaannya merupakan bahan bacaan yang ringan karena tujuannya untuk mencari kesenangan.

MEMBACA INTENSIF

Membaca Intensif adalah Kegiatan membaca yang dilaksanakan secara seksama dan merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkandan mengasah kemampuan membaca secara kritis.

JENIS MEMBACA INTENSIF
1. MEMBACA TELAAH ISI
  • Membaca pemahaman
  • Membaca krisis
  • Membaca teliti
  • Mmembaca ide
2. MEMBACA TELAAH BAHASA

MEMBACA PEMAHAMAN
Membaca pemahaman merupakan kegiatan membaca yang tujuan utamanya memahami bacaan secara tepat dan cepat.
ASPEK-ASPEK YANG DIPERLUKAN DALAM MEMBACA PEMAHAMAN
1. Memiliki kosakata yang banyak
2. Memiliki kemampuan menafsirkan makna kata, frasa, kalimat, dan wacana
3. Memiliki kemampuan menentukan ide pokok dan ide penunjang
4. Memiliki kemampuan menangkap garis besar bacaan
5. Memiliki kemampuan menangkap urutan peristiwa

MEMBACA KRITIS
Kegiatan membaca yang dilaksanakan secara bijaksana, penuh tenggang rasa, evaluatif, serta analitis, dan bukan mencari kesalahan penulis.

KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS MELIPUTI
  1. Kemampuan mengingat dan mengenali bahan bacaan meliputi mengenali tokoh dan sifatnya, mengenali ide pokok.
  2. Kemampuan mengintepretasi makna tersirat
  3. Kemampuan mengaplikasi konsep-konsep dalam bacaan
  4. Kemampuan menganalisis isi bacaan
  5. Kemampuan membuat simpulan
  6. Kemampuan menilai isi bacaan apakah fakta atau fantasi pengarang

MEMBACA IDE

Kegiatan membaca yang ingin mencari dan memanfaatkan ide-ide yang terdapat dalam bacaan.

MEMBACA TELITI

Membaca teliti diawali dengan surve yang cepat untu melihat organisasi bacaan dan melihat hubungan paragraf dengan seluruh bacaan.

MEMBACA TELAAH BAHASA

  • Membaca bahasa asing tujuannya memperbanyak kosakata, mengetahui ragam bahasa, bagian-bagian kata (afiks, akronim, dll).
  • Membaca karya sastra tujuannya mengetahui seluk beluk bahasa dalam karya sastra untuk mempermudah dalam memahami isinya dan menikmati keindahannya.



5 komentar:

Unknown mengatakan...

THANKS INFO NYA

Try Out Online mengatakan...

terimakasih atas infonya gan
monggo ikut cerdas cermat online se jawa timur seri-2
hadiahnya menarik , belasan juta rupiah

afivi amin mengatakan...

sama-sama om, terimakasih udah berkunjung.. heheh

afivi amin mengatakan...

sama-sama om, terimakasih udah berkunjung.. heheh

temansehat mengatakan...

Keren banget min, nice info nih

qqvictory
judi resmi
taruhan online
judi kartu
qq365
agenbookie
bet303
agen sbobet