Home » » Mengamankan File atau Folder | Mengunci Dan Menghiden Tanpa Software

Mengamankan File atau Folder | Mengunci Dan Menghiden Tanpa Software

afivi amin |
Saya orangnya sangat gampangan dan mungkin juga temen kita yang begitu, sehingga bisa saja tanpa sengaja menghapus file atau  folder yang mungkin sangat berharga. Atau mungkin alasan yang lainnya. Yang penting file-file kita aman.
Saya sudah mencoba beberapa software pengunci folder , tapi ada yang tidak benar-benar mengamankan folder.
Tapi saya tetap mencari software pengunci folder yang ampuh demi kemanan file saya, sampai ada temen yang bercerita bagaimana cara mengunci folder tanpa menggunakan software. Saya coba dan ternyata ampuh.
1.    
  Untuk mengunci folder/ fie Caranya cukup gampang , yaitu:
·         Klik kanan-properties (folder/file yang ingin kita protect)-(akan muncul kotak dialog properties dan kita klik) security-klik edit (to cange permisions group or username)- centang deny (full control)-apply dan atau ok.
·         Selesai, coba buka atau hapus... tidak bisa kan???
Untuk bisa mengaccesnya lagi tingal ikuti cara yang tadi dengan menghilangkan centangannya saja.
2.       
Untuk menghiden file kita menggunakan Command Prompt. (sumber: kampoetoloe.wordpress.com)
·         Tekan combinasi tombol Window + R untuk membuka jendela Run, kemudian ketik cmd dan tekan enter
·        Jendela command Prompt telah terbuka, ketikkan “attrib +s +h D:/folder anda” tanpa tanda petik, kemudian tekan enter. (Catatan : D adalah nama drive tempat folder berada, folder anda adalah nama folder yang akan dihidden. Misalnya nama folder : download berada pada drive E, maka yang diketik adalah attrib +s +h E:/download)

·        Jika anda telah membuka jendela explorer, tutup terlebih dahulu windows explorer anda kemudian buka kembali windows explorer, maka folder download tidak akan nampak kembali meskipun pengaturan show hidden file folder diaktifkan.
·         hide file dan folder dengan cmd

·    Untuk menampilkan kembali file atau folder yang dihidden, ubah perintah + menjadi -, sehingga perintahnya berubah menjadi “attrib -s -h D:/folder anda” tanpa tanda petik kemudian tekan enter.

Tidak ada komentar: