Home » » Serba - Serbi Ubuntu

Serba - Serbi Ubuntu

afivi amin |
·Uninstall Aplikasi yang terinstall di Wine ubuntu
Untuk meng-uninstall aplikasi yang telah terinstall di wine cukup mudah
klik Places - Home Folder pada jendela sebelah kanan tekan ctrl+h untuk melihat file yang ter hidden kemudian cari tulisan .wine kemudian masuk ke drive_c kemudian Program Files sekarang delete folder program yang ingin di uninstall hanya itu dan biasa nya shortcut nya masih ada di application - wine - program file nah untuk menghilangkan nya cukup mudah
klik Places - Home Folder pada jendela sebelah kanan tekan ctrl+h untuk melihat file yang ter hidden kemudian cari tulisan .local klik share kemudian application kemudian wine kemudian klik Programs dan delete folder programnya yang sudah di uninstall ....ok sekarang coba lihat di applications - wine - program apakah masih ada ...pasti nya sudah tidak ada

·Solusi Tidak Bisa Buka Update Manager dan Software Center pada Ubuntu
ketika usai melakukan ‘update’/pembaruan paket Ubuntu saya via terminal, ternyata di akhir prosesnya muncul pesan error sebagai berikut.
Reading package lists... Error!
E: Encountered a section with no Package: header
E: Problem with MergeList /var/lib/apt/lists/id.archive.ubuntu.com_ubuntu_dists_natty_restricted_binary-i386_Packages
E: The package lists or status file could not be parsed or opened.
Akibatnya, ketika saya coba membuka aplikasi ‘Update Manager’, muncul juga pesan serupa, tepatnya seperti ini.
'E:Encountered a section with no Package: header, E:Problem with MergeList /var/lib/apt/lists/id.archive.Ubuntu.com_ubuntu_dists_natty_restricted_binary-i386_Packages, E:The package lists or status file could not be parsed or opened.'
Efeknya, menu ‘Update Manager’ pun tidak bisa dibuka. Ternyata hal itu juga merambat ke aplikasi ‘Synaptic Package Manager’ yang juga tidak bisa dibuka. Dugaan saya, terjadi ketidaksempurnaan proses pengunduhan dan pemasangan paket, terutama pada direktori /var/lib/apt/lists/.
direktori filesystem/var/lib/apt/lists/
Cari punya cari di google dan setelah dimantapkan pula oleh jawaban anggota forum Ubuntu Indonesia, akhirnya saya ketemu juga solusi jitunya. Cukup dengan mengetikkan 3 perintah berikut ini berturut-turut pada terminal.
sudo rm /var/lib/apt/lists/* -vf
sudo apt-get update
sudo apt-get upgrade
Penjelasan ketiga perintah di atas:
·      Perintah pertama gunanya yaitu untuk me-’remove’ semua list yang terkandung pada direktori /var/lib/apt/lists/. Mengapa harus di-’remove’? Tak lain yaitu untuk membersihkan paket-paket unduhan yang tidak sempurna terpasang (sehingga menyebabkan error berupa tidak bisa dibukanya aplikasi ‘Update Manager’, ‘Ubuntu Software Center’, serta ‘Synaptic Package Manager’).
Selama paket yang tidak sempura tersebut masih ada, selama itu pulalah proses pembaruan tidak akan bisa berjalan mulus, terutama pada lokasi/direktori yang bermasalah tersebut. Saya sudah membuktikan hal ini ketika coba memperbarui ulang paketnya usai terjadinya error tersebut. Ternyata tetap saja tidak bisa. Oleh sebab itulah, paket-paket yang tidak sempurna tersebut harus kita ‘remove’ dulu.
·      Perintah kedua berguna untuk memperbarui daftar paket, seperti halnya kita melakukan ‘update’ (baik melalui terminal maupun aplikasi ‘Update Manager’). Pada langkah ini prosesnya agak lama karena kita telah menghapus semua paket pada direktori yang bermasalah. Jadi, diperlukan paket unduhan yang agak besar untuk memperbarui kembali paket-paketnya (yang telah kita hapus tersebut).
·      Perintah ketiga yaitu untuk menginstal/memasang pembaruan daftar paket yang telah kita peroleh pada proses kedua. Pada tahap ketiga inilah kita memasang/menginstall kembali paket-paket pada lokasi/direktori yang sebelumnya bermasalah (yaitu pada lokasi /var/lib/apt/lists/).
Usai melakukan 3 langkah di atas, coba ‘reboot/restart’ Ubuntu Anda. Lalu coba buka kembali aplikasi ‘Update Manager’. Buka pula aplikasi ‘Ubuntu Software Center’ maupun ‘Synaptic Package Manager’.
Semoga berhasil dan memang benar-benar berhasil berdasarkan pengalaman saya :)
sampai saat ini gw liat masih banyak yang sering bingung cara install file berekstensi .tar.gz di ubuntu..jadi gw buatin aja panduanya yah:
1.extrack file ekstensi tarball tsb lewat GUI aja..tinggal klik kanan dan extrack here
2.buka terminal,lalu masuk ke direktori hasil extrakan pake perintah cd.. misal: $ cd donpermana/usr/desktop/gnu-linux_2502
3.setelah itu lakukan configure dengan mengetikan $ sudo ./configure
4.$ ./make
5.$ ./make install
namun terkadang file membutuhkan syarat tertentu untuk menginstall..
jadi baca dulu panduan readme nya..
semoga bermanfaat..
atau ikuti langkah berikut:
1. Ekstrak file tar.gz tersebut, biasanya lewat file manager (konqueror atau nautilus). Tingal klik kanan pada file yang akan di ekstrak lalu pilih ekstrak here.atau bisa juga lewat terminal konsole
$ tar xzvf (nama file, contoh: visual.tar.gz)
2. Selanjutnya masuk ke folder/direktori yang telah di ekstrak tadi. Kemudian cari file README atau INSTALL yang merupakan petunjuk untuk menginstall file tersebut.
3. Secara umum instalasi file telbar ( .tar gz atau .tar bz2) bisa dengan cara-cara berikut ini:
$ cd (nama folder yang di ekstrak)
$ ./configure
4. Pastikan tidak ada masalah. Jika ada file-file yang harus diinstall maka install terlebih dahulu file-file yang dibutuhkan.
5. Setelah selesai lalu lakukan komplasi :
$ make
6. lalu install (sebagai root)
$ su
$ make install
dan akhirnya file pun terinstall.
bila file gagal terinstal berarti ada langkah-langkah yang terlewat dan belum dilakasanakan. maka untuk itu periksa dengan teliti langkah-langkah instalasi di file README atau INSTALL.
Sedikit cerita ne :) Kemaren install Compiz config settings manager setelah selesai install mau coba berhubung tau fungsinya hanya sedikit ya udah saya tes satu persatu karena penasaran, testing pertama nggak ada apa2 testing kedua pun sama waktu testing ketiga saya klik icon Desktop Desktop cube , alhasil abrakadabraa.. rusak dah tampilan desktop saya semua icon launcer hilang, tombol yang ada di panel hilang, musiknya nggak bisa di matiin, lagi enak browsing pake google chromium juga ketiban sial. Padahal baru abis install ulang ubuntu-nya. Hampir putus asa Akhirnya cari cari di om google ketemu dah ! Ne solusinya, langsung ke TKP ?

·      bagi agan yang belum install Compiz config settings manager, caranya : ketikkan pada terminal
            sudo apt-get install compizconfig-settings-manager
·      klik icon ubuntu di sudut kiri atas lalu ketikkan compizconfig settings manager
·      klik Desktop Desktop cube, alhasil desktop ku jadi gini.
·      Solusi Untuk membuka Compizconfig setting managernya yaitu melalui terminal, karena pada saat desktop rusak hanya terminal yang bisa di buka. Caranya masuk ke terminal lalu ketikkan ccsm
·      lalu pilih lagi Desktop Ubuntu unity plugin , lalu Ignore conflicts
·      Jika tampilan desktop agan seperti ini berarti anda berhasil :) Semoga bermanfaat.
·Cara Mudah Uninstall Program di Linux Ubuntu
salah satunya Cara Unistall Program di Linux Ubuntu ternyata gini Cara Unistall Program di Linux Ubuntu :
Ternyata Gampang
1. Buka Ubuntu Software Center,  klik Applications lalu Ubuntu Software Center kalo mau mudah liat di Desktop ada di sebelah kiri
2. Klik "Installed Software" lalu cari file yang akan dihapus kalo banyak ada kategorinya atau lu bisa cari dengan menuliskan nama aplikasinya. Klik Remove di sebelah kanan.
3. Masukkan Password Ubuntu yang lu pake waktu login.
4. Aplikasi akan di Proses dan di hapus
Begitulah cara menghapus aplikasi Ubuntu
·Cara Instal FIle .sh di Linux Ubuntu
langsung saja berikut ini adalah cara instal file .sh di ubuntu.
·      Buka Terminal (ctrl+alt+T)
·      Letakkan file .sh di folder Document
·      ketik : /Document $ sh namafile.sh
·      Tunggu proses instalasi file
·      selesai
·Cara Install Paket-Paket Software Di Ubuntu
Software-software di Ubuntu sangat beragam, umumnya berlisense General Public License (GPL) alias free/gratis.
ada beberapa cara yang dapat kita gunakan untuk menginstall paket-paket software ubuntu. Antara lain :
-Install dari ubuntu software center
-Install dari synaptic package manager
-Install dari terminal
-Install dari file *.deb
-Install dari website online
Penjelasan
·      Install Dari Ubuntu Software Center
Jalankan ubuntu software center melalui menu
            Application >> Ubuntu Software Center
            Maka akan tampil Ubuntu Software Center seperti gambar berikut :
Silahkan ketikan nama applikasi yang ingin di install pada kotak search di pojok kanan atas. Misalkan anda ingin menginstall Chromium Web Browser. Ketikan Chromium Web Browser dikotak search setelah itu klik install. Silahkan lihat gambar berikut :
Jika diminta memasukan passwword, silahkan masukan password yang anda masukan ketika melakukan instalasi. Setelah itu, tunggu proses instalasi sampai selesai.
·      Install Dari Synaptic Package Manager
Buka synaptic package manager melalui menu
            System >> Administration >> Synaptic Package Manager
Maka akan tampil jendela synaptic seperti gambar berikut :
Seperti halnya pada ubuntu software center, anda tinggal ketikan nama applikasi yang akan anda install pada kotak Quick Search. Tapi proses instalasinya berbeda. Misalnya anda ingin menginstall audacious, ketikan audacious pada kotak quick search seperti pada gambar dibawah ini!

Setelah itu klik kiri pada kotak kecil seperti yang ditunjuk mouse pada gambar diatas. Pada layar yang tampil silahkan pilih Mark for Instalation. Setelah di mark silahkan klik Apply.

Nanti akan tampil jendela seperti gambar di bawah ini!

Silahkan klik Apply. Setelah itu proses instalasi akan berjalan. Silahkan tunggu proses instalasi sampai selesai.
·      Install Dari Terminal
Menginstall paket software melalui terminal a nda bisa menggunakan apt-get. Buka terminal melalui menu
            Application >> Accessories >> Terminal
atau tekan tombol
            Ctrl + Alt + T
Setelah itu jalankan perintah seperti berikut :
$ sudo apt-get install nama paket
Silahkan ganti nama paket sesuai dengan nama paket yang ingin anda install. Misalnya anda ingin meginstall VLC Player melalui terminal. Maka perintahnya seperti berikut :
$ sudo apt-get install vlc
·      Install Dari File *.deb
Menginstall paket .deb bisa dilakukan dengan dua cara yaitu menggunakan GUI (Graphic User Interface) dan menggunakan CLI (Command Line Interface).
Cara menginstall menggunkan GUI (Graphic User Interface), kita tinggal klik 2 kali pada file yang mau di install. Secara otomatis anda akan dibawah ke Ubuntu Software Center. Setelah itu tinggal klik tombol install.
Cara menginstall melalui CLI (Command Line Intarface) atau Terminal, yaitu menggunakan perintah
            “$ sudo dpkg -i nama file.deb”
Buka terlebih dahulu terminal dengan menekan tombol
            Ctrl + Alt + T
Setelah itu masuk ke directory dimana file yang mau di install di simpan dengan mennggunakan perintah
            “cd”
Misalnya, anda menyimpan filenya di directory
            Downloads
Maka terlebih dahulu, anda masuk ke directory
            Download
dengan menjalankan perintah
            “$ cd Downloads”
            perhatikan gambar dibawah ini! (gambarnya hilang)
Setelah anda berada diposisi seperti gambar diatas, berarti anda sudah berada di directory
            Downloads
Selanjutnya ketik
            “ls”
untuk menampilkan isi dari directory
            Downloads
Silahkan perhatikan gambar dibawah ini!
Pada directory Downloads ada satu paket file .deb yaitu
            install_flash_player_10_linux.deb
Untuk menginstallnya, silahkan anda jalankan peerintah berikut!
$ sudo dpkg -i install_flash_player_10_linux.deb.
Jika di minta memasukan password, silahkan masukan password yang anda masukan ketika instalasi. Setelah itu, silahkan tunggu proses instalasi sampai selesai.
·      Install Dari Website Online
Biasanya para pemula di linux kebingungan ketika mau install applikasi. Salah satu penyebabnya karena tidak tahu nama-nama applikasinya. Install dari website online ini, sangat cocok untuk para pemula yang masih belum tahu terhadap nama-nama applikasi di ubuntu. Karena di website ini applikasi-appikasi ubuntu sudah dikelompokkan sesuai dengan kategorinya. Seperti multimedia, graphics, internet dan lain sebagainya. Website penyedia layanan ini adalah
            www.appnr.com dan www.getdeb.net
Pada website ini, selain bisa langsung install, anda juga bisa mendownloadnya.
Sabelumnya saya telah menulis artikel bagaimana menginstal paket software Ubuntu melalui Ubuntu Package Manager dan Web Portal, pada tulisan ini saya berikan tutorial step by step menginstal paket software Ubuntu melalui Synaptic Package Manager.
Sebagai bahan percobaan, pada tutorial ini kita akan menginstal Amarok, sebuah Audio Player yang menurut saya tampilanya mirip iTunes.
Instalasi Amarok via Synaptic Package Manager
·      Buka Synaptic dari menu [System]>>[Administration]>>[Synaptic Package Manager], masukkan password ketika diminta.
Jika Anda belum pernah menggunakan Synaptic, maka akan terbuka dua jendela, satu jendela Synaptic dan yang satu jendela yang berjudul “Quick Introduction”, tutup jendela tersebut.
·      Ketikkan kata “Amarok” pada box “Quick Search”, maka paket Amarok Insya Allah akan berada paling atas pada kolom paket Synaptic, di kolom Check Box Amarok, beri tanda Centang kemudain pilih “Mark for Installation”.
kemudian akan muncul jendela konfimasi seperti berikut ini,
klik “Mark”.
·      Untuk memulai proses instalasi, klik “Apply”.
·      Sebelum proses download dan instalasi paket yang telah di pilih, akan muncul jendela konfirmasi sekali lagi yang memberikan detail paket-paket yang akan di Instal, besar data yang akan di download dan sebagainya.

klik “Apply”, maka jika tidak ada kesalahan, Insya Allah proses instalasi akan segera di mulai,
tunggu hingga proses instalasi selesai.
            Setelah proses instalasi selesai, silakan buka Amarok pada [Applications]>>[Sound &             Video]>>[Amarok], pada kondisi default, Amarok tidak dapat memainkan file berformat            “.mp3″, untuk dapat memainkanya, amarok membutuhkan library tambahan yang bernama             “libxine1-ffmpeg”. Silakan intsall paket tersebut melalui Synaptic Package Manager seperti      saat menginstal Amarok.
            Sekian dan terima kasih….
Setelah sebelumnya mempublikasikan panduan menginstall Ubuntu 12.04 LTS, kali ini kami sampaikan cara menginstal codec yang diperlukan untuk memutar berbagai format multimedia, baik musik maupun video seperti mp3, mp4, 3gp, flv, mpg dan lainnya.
Dengan Codec Pack Ubuntu 12.04 LTS ini, codec yang dibutuhkan untuk memutar file-file multimedia dapat diinstall secara offline setelah pengguna Ubuntu 12.04 selesai menginstall sistem. Ini berguna bagi pengguna Ubuntu 12.04 yang tidak memiliki koneksi internet pada komputer yang digunakannya.
Dengan panduan installasi yang sederhana, diharapkan pengguna pemula sekalipun akan dengan mudah mengikuti tutorial ini.

Untuk mendapatkan Codec Ubuntu 12.04 LTS yang telah kami kumpulkan beserta dependensinya, silahkan download CodecPack1204.tar.gz ini.

Extract file codecpack1204.tar.gz sehingga Anda mendapatkan folder codecpack1204 yang berisi paket-paket codec distribusi debian.

Jalankan terminal (Ctrl+Alt+T) lalu menuju ke folder codecpack1204, sebagai contoh, jika Anda meletakkan folder codecpack1204 di desktop maka ketik perintah berikut:

cd ~/Desktop/codecpack1204

Atau sesuaikan dengan lokasi tempat Anda meletakkan folder tersebut. Ketik perintah berikut untuk menginstall semua paket yang ada didalam foder:

sudo dpkg -i *.deb

Masukkan password Anda jika diminta lalu tekan enter, tunggu hingga semua paket selesai diinstall...
Tutup jendela terminal dan kini Anda sudah dapat memutar musik dan video yang Anda sukai...
Sebelum melakukan instalasi, kita perlu menyeting repository terlebih dahulu.
Ok langsung saja buka Terminal. caranya bisa dengan menekan ALT+F2
lalu ketik gnome-terminal
setelah itu enter/klik Run
Terminal sudah terbuka.
Setting Repository
Silahkan ketik sudo gedit /etc/apt/sources.list lalu tekan enter.
Lalu ketikkan repository yang anda gunakan, misalkan anda menggunakan repository dari http://kambing.ui.ac.id
Kemudian simpan dan keluar dari gedit.
Untuk Repository yang tidak digunakan silahkan beri tanda # di depannya.
Setelah itu kembali ke Terminal dan ketikkan sudo apt-get update lalu enter
Ok, setting repository telah selesai selanjutanya ke penginstallan program
Menginstall Program
Untuk menginstall program perintah yang digunakan adalah sudo apt-get install namaprogram
contoh
sudo apt-get install stellarium lalu enter
Jika muncul konfirmasi Do you want to continue [Y/n]? silahkan dijawab Y kemudian enter.
Penginstalan telah selesai.

11. Bagaimana Cara Memperbaiki GRUB di Ubuntu
Seringkali kita dihadapkan masalah sulit dengan penggunaan ubuntu, tapi kita tidak boleh menyerah dengan masalah yang dihadapai pasti ada solusinya, kalai ini saya ingin memposting bagaimana memperbaiki grub yang error karena terjadi m asalah pada pastisi, karena kemarin teman saya mengalami hal tersebut, jad berikut ini langkah-langkah yang bisa anda coba , jangan pasang muka galau dan putus asa.

Biasanya kalau grub error pada saat booting akan muncul tulisan "unknown filesystem grub rescue", berikut ini cara untuk mereparnya, dan berhasil dilakaukan di ubuntu teman saya:

1. Saya anggap anda punya live CD nya, solanya kalau anda menggunakan linux pasti ada os nya, gunakan live CD anda untuk merepair, jadi booting lewat live CD dan buka terminal.

2.ketikan sudo fdisk -i
3. Ketikan sudo mount /dev/sda6 /mnt ,sda6 itu contoh pastisi linux, jika pasrtisi anda di sda yang berbeda, silakan ganti sesuai partisi linux yang ada di komputer anda.
4. selanjutnya "sudo grub-install --root-directory=/mnt/ /dev/sda
5. Jika proses berhasil biasanya akan menunggu sebentar dan jika sudah selelsai akan ada tulisan finish installed, dan silakan restar komputer anda.
Atau ikuti langkah beikut:
GRUB yaitu Boot Loader, gunanya agar bisa memiliki banyak OS atau sering disebut multiboot(dualboot)
GRUB kepanjangan dari GRand Unified Bootloader.
Masalah: ketika saya meng-install windows7,dan sebelum saya restart masih baik2 saja,namun ketika saya sudah selesai menginstall windows7 lalu merestart ulang laptop saya..di layar muncul tulisan seperti di bawah ini :
Error:Unknown file system
grub rescue >
saya kaget dan panik harus di apain lagi.
Setelah mondar-mandir depan google, ngemis sana ngemis sini akhirnya mendapatkan solusinya.
Yaitu dengan cara menginstall ulang grub-nya, akan tetapi sebelum di install harus mount dan chroot partisi yang telah diinstall linux sebelumnya. Linux yang saya gunakan yaitu Ubuntu desktop 10.4.
Berikut ini adaah langkah-langkahnya:
- booting menggunakan ubuntu live CD atau Try Ubuntu pake CD Installasi.
- setelah ubuntu-nya menyala lalu buka terminal.
-Cek partisi hardisknya:
sudo fdisk -l
-Setelah tahu partisi linux nya, lalu (misalnya partisi hardsik ubuntu saya /dev/sda6) ikuti perintah dibawah ini.
sudo mount -t ext4 /dev/sda6 /mnt/
sudo mount -t proc proc /mnt/proc/
sudo mount -t sysfs sys /mnt/sys/
sudo mount -o bind /dev/ /mnt/dev/
sudo chroot /mnt /bin/bash
-Install grub-nya
grub-install /dev/sda
Lalu reboot/restart, dan grub bootloadernya sudah kembali lagi seperti semula
Selamat mencoba dan semoga berhasil
12. Merubah Default Boot dengan 2 Sistem Operasi (Ubuntu & Win)
Anda pengguna UBUNTU dan Windows…..??? YESS !!!
Jika Anda sudah menggunakan Windows dan baru menginstal UBUNTU, pada saat proses booting komputer default Operating Systemsnya adalah UBUNTU…. iya to?? Nah, bagaimana jika ingin merubah default systemnya menjadi Windows?
Oia, saya saat ini dalam keseharian menggunakan UBUNTU 11.04 Natty Narwhal dan Windows. Setelah minta petunjuk Paman Google akhirnya nemu juga artikel tutorialnya di TahuTek.net “Blog Ubuntu/Linux Indonesia”. Okay.. begini caranya:
perhatikan gambar ya.. coba temukan 4 perbedaan… LOh..???? hehehehe
Gambar di atas ini adalah pilihan menu booting, perhatikan angka yang telah dibuat berwarna merah-angka itu yang akan kita gunakan untuk set default. Nah.. trus gimana kalau kita akan menghidupkan sistem operasi Windows XP secara default?
Langkahnya…
-1- Masuk ke Operating System UBUNTU dan buka aplikasi Terminal, selanjutnya masuk ke root
-2- Jika sudah berada di root selanjutnya buka konfigurasi grub dengan ketik
sudo gedit /boot/grub/grub.cfg
Setelah di tekan tombol Enter maka akan muncul form konfigurasi grub dan rubah set default “0″ menjadi angka “4″ dan Save !
Coba deh sekarang coba restart komputer Anda…. dan perhatikan apa yang terjadi….
Hip.. Hip.. HORE !


1 komentar: