Home » , » Manfaat Buah Pohon "Gatep"

Manfaat Buah Pohon "Gatep"

afivi amin | |
Pohon Gatep, Begitulah Kami (Orang Lombok Timur) menyebut nama jenis Pohon ini. Nama Asli Pohon ini adalah Pohon Gayam (Inocarpus Fagifer). Jenis pohon ini memang sudah agak langka. Banyak orang yang tidak tau tentang pohon ini.
Pohon ini tumbuh di daerah dataran rendah tropis yang lembab, seperti dekat mata air atau aliran sungai. Pohon ini mampu tumbuh setinggi 20-30 meter dengan diameter 4 hingga 6 meter.

Buah Pohon Gayam Berjenis Polong berbentuk ginjal dan tidak pecah dengan kulit keras. Buah gayam mempunyai satu biji berbentuk gepeng (mirip Jengkol). Ketika mentah berwarna hijau dan menjadi kuning atau kecoklatan ketika matang.
Buah pohon gayam bisa dikonsumsi dengan cara direbus terlebih dahulu (setelah dikupas) dengan ditambahkan garam dan atau bawang putih secukupnya . Agar jadi lebih enak, buah gayam yang sudah direbus tadi juga bisa dibuat kripik.

Buah Gayam mengandung zat kimia saponin, flavonoida, dan senyawa tanin. zat kimia saponin dapat  membantu membersihkan kotoran dalm saluran pencernaan, zat flavonoida merupakan zat antioksidan yang bisa membantu menjaga kekebalan tubuh secara alami, sedangkan senyawa tanin dapat membantu sistem pencernaan untuk menyerap sari makanan dengan cepat.


Tidak ada komentar: